KOKURIKULER
  1. Kompetensi Kokurikluer

Kompetensi kokurikuler dirumuskan dalam bentuk ciri peserta didik yang (a) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa, dan berakhlak mulia, (b) bergotong royong, (c) bernalar kritis, (d) berkebinekaan global, (e) mandiri, (f) kreatif. Kompetensi kokurikuler dalam bentuk dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila. Secara rinci dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila tercantum dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 031/H/Kr/2024 Tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kompetensi kokurikuler di SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah

NoKelasDimensiElemenSub Elemen
17Bernalar KritisMenganalisa dan mengevaluasi Penalaran dan Prosedurnya
Bergotong royongKolaborasiKomunikasi untuk mencapai tujuan bersama
KepedulianTanggap terhadap lingkungan sosial
KreatifMenghasilkan karya dan tindakan yang orisinil
Berkebhinekaan GlobalBerkeadilan sosialBerpartisupasi dalam proses pengambilan keputusan bersama
28Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak MuliaAkhlak PribadiMerawat diri secara fisik, mental, dan spiritual
Gotong royongKolaborasikerjasama
Berkebhinekaan GlobalMengenal dan menghargai budayaMendalami budaya dan identitas budaya
Bernalar kritisMemperoleh dan memproses informasi dan gagasanMengajukan pertanyaan
KreatifMenghasilkan gagasan yang orisinal
39Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak MuliaAkhlak kepada AlamMenjaga lingkungan alam sekitar
KreatifMenghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
  • Muatan Pembelajaran Kokurikuler

Muatan pembelajaran kokurikuler memuat tema projek penguatan profil pelajar pancasila. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah terdiri atas: (a) Gaya Hidup Berkelanjutan, (b) Kearifan Lokal, (c) Bhinneka Tunggal Ika, (d) Bangunlah Jiwa dan Raganya, (e)Suara Demokrasi, (f) Kewirausahaan, (g) Rekayasa dan Teknologi.

Muatan pembelajaran di SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah

NoKelasSemesterTema
171Suara DemokrasiKewirausahaan
2Bhineka Tunggal Ika
281Kearifan LokalGaya Hidup Berkelanjutan
2Bangunlah Jiwa dan Raganya
391Rekayasa dan Teknologi
2Rekayasa dan Teknologi
  • Beban Belajar kokurikuler

Beban belajar kokurikuler merupakan alokasi waktu pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dirumuskan dalam bentuk alokasi waktu dalam satu tahun ajaran.

Beban belajar kokurikuler SMP  Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah:

NoKelasDimensiTemaAlokasi Waktu (JP)Pelaksanaan
17Bernalar KritisSuara Demokrasi120Minggu 1,2 bulan September
Bergotong royong
Bergotong royongKewirausahaan120Minggu 1,2 bulan Oktober
Kreatif
Berkebhinekaan GlobalBhineka Tunggal Ika120Minggu 3,4 bulan Februari
Gotong royong
28Berkebhinekaan GlobalKearifan Lokal120Minggu 3,4 bulan Agustus
Bernalar KritisGaya Hidup Berkelanjutan120Minggu 2,3 bulan Oktober
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak muliaBangunlah Jiwa dan Raganya120Minggu 1,2 bulan Februari
Gotong royong
39Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dab Berakhlak muliaRekayasa dan teknologi320Minggu 3,4 bulan September dan Minggu 3,4 bulan Februari
Kreatif
  • Pendekatan Pembelajaran Kokurikuler

Pendekatan pembelajaran kokurikuler SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan – tergantung jumlah jam tatap muka yang dialokasikan pada setiap projek profil), di mana semua Tenaga Pendidik berkolaborasi mengajar projek profil setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan