- Kompetensi Kokurikluer
Kompetensi kokurikuler dirumuskan dalam bentuk ciri peserta didik yang (a) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa, dan berakhlak mulia, (b) bergotong royong, (c) bernalar kritis, (d) berkebinekaan global, (e) mandiri, (f) kreatif. Kompetensi kokurikuler dalam bentuk dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila. Secara rinci dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila tercantum dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 031/H/Kr/2024 Tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kompetensi kokurikuler di SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah
| No | Kelas | Dimensi | Elemen | Sub Elemen |
| 1 | 7 | Bernalar Kritis | Menganalisa dan mengevaluasi Penalaran dan Prosedurnya | – |
| Bergotong royong | Kolaborasi | Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama | ||
| Kepedulian | Tanggap terhadap lingkungan sosial | |||
| Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | – | ||
| Berkebhinekaan Global | Berkeadilan sosial | Berpartisupasi dalam proses pengambilan keputusan bersama | ||
| 2 | 8 | Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia | Akhlak Pribadi | Merawat diri secara fisik, mental, dan spiritual |
| Gotong royong | Kolaborasi | kerjasama | ||
| Berkebhinekaan Global | Mengenal dan menghargai budaya | Mendalami budaya dan identitas budaya | ||
| Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | ||
| Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | – | ||
| 3 | 9 | Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak Mulia | Akhlak kepada Alam | Menjaga lingkungan alam sekitar |
| Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal | – |
- Muatan Pembelajaran Kokurikuler
Muatan pembelajaran kokurikuler memuat tema projek penguatan profil pelajar pancasila. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah terdiri atas: (a) Gaya Hidup Berkelanjutan, (b) Kearifan Lokal, (c) Bhinneka Tunggal Ika, (d) Bangunlah Jiwa dan Raganya, (e)Suara Demokrasi, (f) Kewirausahaan, (g) Rekayasa dan Teknologi.
Muatan pembelajaran di SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah
| No | Kelas | Semester | Tema |
| 1 | 7 | 1 | Suara DemokrasiKewirausahaan |
| 2 | Bhineka Tunggal Ika | ||
| 2 | 8 | 1 | Kearifan LokalGaya Hidup Berkelanjutan |
| 2 | Bangunlah Jiwa dan Raganya | ||
| 3 | 9 | 1 | Rekayasa dan Teknologi |
| 2 | Rekayasa dan Teknologi |
- Beban Belajar kokurikuler
Beban belajar kokurikuler merupakan alokasi waktu pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dirumuskan dalam bentuk alokasi waktu dalam satu tahun ajaran.
Beban belajar kokurikuler SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah:
| No | Kelas | Dimensi | Tema | Alokasi Waktu (JP) | Pelaksanaan |
| 1 | 7 | Bernalar Kritis | Suara Demokrasi | 120 | Minggu 1,2 bulan September |
| Bergotong royong | |||||
| Bergotong royong | Kewirausahaan | 120 | Minggu 1,2 bulan Oktober | ||
| Kreatif | |||||
| Berkebhinekaan Global | Bhineka Tunggal Ika | 120 | Minggu 3,4 bulan Februari | ||
| Gotong royong | |||||
| 2 | 8 | Berkebhinekaan Global | Kearifan Lokal | 120 | Minggu 3,4 bulan Agustus |
| Bernalar Kritis | Gaya Hidup Berkelanjutan | 120 | Minggu 2,3 bulan Oktober | ||
| Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia | Bangunlah Jiwa dan Raganya | 120 | Minggu 1,2 bulan Februari | ||
| Gotong royong | |||||
| 3 | 9 | Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dab Berakhlak mulia | Rekayasa dan teknologi | 320 | Minggu 3,4 bulan September dan Minggu 3,4 bulan Februari |
| Kreatif |
- Pendekatan Pembelajaran Kokurikuler
Pendekatan pembelajaran kokurikuler SMP Negeri 5 Ambarawa tahun ajaran 2024/ 2025 adalah mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu (misalnya 2 minggu atau 1 bulan – tergantung jumlah jam tatap muka yang dialokasikan pada setiap projek profil), di mana semua Tenaga Pendidik berkolaborasi mengajar projek profil setiap hari selama durasi waktu yang ditentukan
